Jumper CDI Motor Matic
Gambar diatas menunjukan gambar CDI dan letak pin - pin nya.Dari gambar datasheets pin kita bisa tahu kalau CDI Honda Vario menggunakan CDI Vdc pin no. 1 menunjukan +12 vdc dari accu yang sudah melewati kontak motor Lihat gambar dibawah ini. Gbr. Wiring distribusi power CDI Vario Dari gambar diatas dapat kita lihat sumber arus yang masuk ke pin 1 CDI +12 vdc bearasal dari accu / kiprox. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaannya Bagaiamana cara men jumper pin CDI agar mesin tetap bisa nyala walaupun accu sudah soak atau tidak ada accu sama sekali ?. Perhatikan gambar dibawah ini :
|
|||||||||||||||
Dari pin - pin diatas kita akan ambil pin no.7 dan kita akan sedikit mengaplikasi pin no.7 dengan memasukan arus +12 vdc dari accu dan kiprox. Yang semula pin no.7 hanya mendapat arus +12 vdc murni dari accu saja yang lewat melalui kontak dan Relay. Dalam hal ini Relay sebagai conector atau penghubung arus +12 vdc dari accu ke pin no.7. Power penggerak magnet dari Relay itu sendiri diambil dari accu maka dari itu bila arus accu terlalu lemah atau kosong maka magnet Relay tidak dapat bergerak untuk menghubungkan arus dari accu. Dari gambar diatas jelas sekali bahwa kita akan jumper pin no.1 dan pin no.7. Pin no.1 +12vdc dari accu / kiprox dengan pin no.7 Relay. Kedua pin tersebut sama - sama sumber arus +12 vdc. Gbr. Posisi CDI Honda Vario ada disamping kanan bodi Kabel warna merah garis hitam (pin no.1) bawa arus dari accu yang sudah melewati kontak.Kabel warna kuning (pin no.7) bawa arus dari accu yang sudah melewati Relay.Kedua pin ini merupakan switch control dari CDI.Kabel warna merah garis hitam dan kabel warna kuning dijumper dengan cara digabungkan atau ditambahkan sedikit kabel untuk menjupernya.Alhasil walaupun motor vario menggunakan accu soak atau tanpa accu pun motor kita masih tetap bisa dinyalakan.Dan saya sendiri sudah mencoba tekhnik tersebut. Sekian ulasan kali ini, mohon kritik dan saran bila penulis ada yang salah dengan tulisan ini...Trims...by Zeepplin Tear. |