Jumper CDI Motor Matic


     Gambar diatas menunjukan gambar CDI dan letak pin - pin nya.Dari gambar datasheets pin kita bisa tahu kalau CDI Honda Vario menggunakan CDI Vdc pin no. 1 menunjukan +12 vdc dari accu yang sudah melewati kontak motor
Lihat gambar dibawah ini.


Gbr. Wiring distribusi power CDI Vario
Dari gambar diatas dapat kita lihat sumber arus yang masuk ke pin 1 CDI +12 vdc bearasal dari accu / kiprox. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaannya Bagaiamana cara men jumper pin CDI agar mesin tetap bisa nyala walaupun accu sudah soak atau tidak ada accu sama sekali ?.
Perhatikan gambar dibawah ini :

     Seperti postingan beberapa waktu yang lalu,kerusakan berawal dari kiprox hingga ujung - ujungnya menyerang Accu.Dari banyak jenis motor keluaran dari Jepang yang beredar di Indonesia banyak yang menggunakan CDI dengan power Volt DC dan Volt AC
  1. CDI Vdc adalah CDI dengan menggunakan asupan power +12vdc dari Accu atau kiprox.
  2. CDI Vac adalah CDI dengan menggunakan asupan power 12vac dari spul/dinamo ampere motor.
     Nah bila kita punya motor kita harus tahu dari spesifikasi lengkap tentang motor kita. Oke langsung aja kita akan membahas cara menjumper CDI motor matic bawaan Vario CBS.Karena bila kita masih menggunakan CDI matic Vario bawaan pabriknya maka bila suatu hari accu kita soak atau sudah rusak fatal dengan sendirinya motor kita nggak bisa kita hidupkan,Kenapa? Karena CDI motor matic pada umumnya dan CDI matic Vario pada khususnya masih menggunakan CDI Vdc dengan banyak pin controller.
CDI pin CDI CDI
                              Datasheets pin CDI Vario
     Dari pin - pin diatas kita akan ambil pin no.7 dan kita akan sedikit mengaplikasi pin no.7 dengan memasukan arus +12 vdc dari accu dan kiprox. Yang semula pin no.7 hanya mendapat arus +12 vdc murni dari accu saja yang lewat melalui kontak dan Relay. Dalam hal ini Relay sebagai conector atau penghubung arus +12 vdc dari accu ke pin no.7. Power penggerak magnet dari Relay itu sendiri diambil dari accu maka dari itu bila arus accu terlalu lemah atau kosong maka magnet Relay tidak dapat bergerak untuk menghubungkan arus dari accu. Dari gambar diatas jelas sekali bahwa kita akan jumper pin no.1 dan pin no.7. Pin no.1 +12vdc dari accu / kiprox dengan pin no.7 Relay. Kedua pin tersebut sama - sama sumber arus +12 vdc.

Gbr. Posisi CDI Honda Vario ada disamping kanan bodi
Kabel warna merah garis hitam (pin no.1) bawa arus dari accu yang sudah melewati kontak.Kabel warna kuning (pin no.7) bawa arus dari accu yang sudah melewati Relay.Kedua pin ini merupakan switch control dari CDI.Kabel warna merah garis hitam dan kabel warna kuning dijumper dengan cara digabungkan atau ditambahkan sedikit kabel untuk menjupernya.Alhasil walaupun motor vario menggunakan accu soak atau tanpa accu pun motor kita masih tetap bisa dinyalakan.Dan saya sendiri sudah mencoba tekhnik tersebut.

Sekian ulasan kali ini, mohon kritik dan saran bila penulis ada yang salah dengan tulisan ini...Trims...by Zeepplin Tear.