Kerusakan Accu Pada Motor

Hai sobat kali ini saya akan coba untuk nge share sedikit tentang accu motor yang sering soak.Faktor utama kerusakan accu sering disebabkan oleh output catudaya dari kiprox itu sendiri.

1.Kiprox tidak bisa nge charge accu.
Karena kiprox sudah hilang fungsi sebagai pengisi accu maka accu yang digunakan pada motor tidak pernah terisi setrum dan ini terus berkelanjutan dan berkelanjutan.Dalam waktu yang lama accu akan kosong akan setrum sehingga cairan ( accu basah ) atau gel ( accu kering / Maintenance Free ) tidak mengalami reaksi kimia yang diharapkan hal ini akan menyebabkan korosi pada bagian dalam accu hingga accu akan putus dari dalam.
2.Kiprox sudah overload.
Disfungsi ini sering terjadi pada motor - motor pada saat ini ,yang paling rentan  dari motor keluaran Suzuki.
        Hal ini lambat sekali akan kita rasakan pengaruhnya pada accu.Karena kiprox tetap mendistribusikan arusnya ke accu terbukti lampu - lampu masih tetap bisa menyala dengan baik,klakson masih berbunyi kuat,double starter juga masih kuat terangkat untuk menjalankan dinamonya,dll.Awalnya memang begitu, overload arus ini membuat kerusakan yang cukup fatal pada accu.

Gambar kiprox motor.
kiprox kiprox
Karena accu yang sudah rusak maka semua motor dengan CDI DC mesin motor tidak akan bisa hidup.
        Pengalaman saya yang baru - baru ini menghadapi motor Honda Vario CBS yang ngadat.
Saya coba tekan double starter nya nggak mau nyala, lampu indikator pada spedometer mati semua,klakson nggak bisa bunyi. Terus saya pasang standar tengah lalu saya ogleng berkali -  kali masih saja nggak nyala juga.Lalu saya cek bahan bakar masih banyak, ah... mungkin karburatornya banjir atau mungkin pengapiannya yg ke busi hilang, pikir saya waktu itu. Terus saya bongkar karburatornya lalu saya kuras habis sisa bahan bakar yang masih tersisa dikarbu-nya. Saya coba ogleng lagi glug...glug...glug...e.. masih tetap ngk nyala. Lalu saya coba cek api yang keluar dari busi  e...ternyata nggak keluar apinya."Pantas saja mesin nggk mau nyala...."Satu masalah sudah selesai malah timbul dua masalah lagi "businya yang rusak" atau "CDI"nya yg matot. Saya lakukan pengecekan lebih lanjut, setelah itu baru saya bisa simpulkan kalau busi motor masih dalam keadaan bagus. Dan bagaimana dengan CDI nya? Kenapa nggak bisa memercikan api ke busi?
Lalu saya coba browsing di internet rupanya CDI Honda Vario CBS menggunakan tenaga 12 vdc yang bersumber dari accu. Lalu saya bongkar cover depan Honda Vario CBS dimana accu itu berada.

Dari gambar disamping kiri ini kita bisa lihat posisi accu kering pada motor Honda Vario CBS.Saya copot accu dan saya cek dengan multitester,Benar rupanya accu sudah mati total.Dan perlu diganti atau direparasi ulang. Saya beli accu yang baru dengan harga waktu itu Rp.205 000 dan langsung saya pasangkan motor. Dan jreng motor langsung nyala kembali.Alhamdulillah.....Selang sehari motor kembali ngadat lagi.Kalau diogleng motor bisa hidup tapi kalau kita rem motor langsung mati.Usut punya usut rupanya accu tekor. Kenapa bisa tekor??? Setelah saya selidiki rupanya kiprox sebagai distributor arus ke accu tidak bisa bekerja seperti  semestinya. Saya copot kiprox lalu saya ganti dengan yang baru keluaran dari Honda dengan harga RP 110 000. Lalu saya ogleng kembali dan mesin bisa nyala kembali.




Baca juga artikel dibawah ini :